Simbiosis Mutualisme Antara Robot dan Manusia

Bookmark and Share
Simbiosis mutualisme adalah sebuah hubungan yang terjalin antara dua makhluk hidup yang saling menguntungkan, salah satu contohnya seperti hubungan antara bunga dan  lebah. Pada proses simbiosis mutualisme lebah  selalu mendapatkan madu dari saripati yang dihasilkan di dalam kelopak bunga sehingga benang sari yang terdapat dalam bunga menempel pada sela-sela kaki lebah danberjatuhan di atas kepala putik serta membantu proses perkembangbiakan pada bunga.
Lalu bagaimana sangkut paut  antara teori tersebut dengan sebuah robot?
Robot adalah sebuah alat mekanis yang sengaja diciptakan oleh manusia untuk meringankan aktivitas mereka. Dan tanpa kita sadari seiring dengan berkembangnya jaman maka telah bermacam –macam robot yang telah berhasil diciptakan  dan mulai beroperasi serta bergerak bebas di sekitar lingkungan manusia. Dengan adanya robot maka manusia kini mulai dipermudah untuk menjalankan aktivitasnya mulai dari hal termudah hingga hal terekstrem sekalipun.
Berikut adalah beberapa contoh robot yang mulai di operasikan untuk membantu aktivitas manusia:
Bagaimana jika sarapan pagi anda ternyata disiapkan oleh robot ini?
Namanya adalah robot motoman, robot tersebut sebenanya sengaja diciptakan untuk merakit kamera digital disposable tetapi dengan postur dan kemahiran tangannya maka robot motoman juga dapat digunakan untuk menyajikan salah satu menu makanan jepang okonomiyaki.
Lalu bagaimana jika kunjungan anda ke rumah sakit ternyata dilayani sebuah robot seperti ini?
Robot ini bernama RIBA, aelain dapat menggendong pasien, RIBA juga dilengkapi dengan Face and Voice recognition dimana RIBA mampu menjalankan perintah melalui suara – suara dan mengenali para suster atau orang yang bekerja di rumah sakit. Sayangnya RIBA yang beratnya mencapai 180 kg ini hanya mampu menggendong seorang pasien dengan berat sampai 61 kg.
Bagaimana jika anda memiliki pembantu rumah tangga seperti ini:
Robot dengan nama Twendy-one ini memang sengaja diciptakan untuk membantu berbagai kegiatan rumah tangga mulai dari menyajika makanan dan minuman serta membersihkan perabotan rumah.
Jika semua kegiatan dapat dilakukan oleh robot lalu bagaimana dengan tenaga kerja manusia?
Meski kelihatannya robot memilki berbagai kemampuan tetapi sebenarnya robot tetaplah sebuah mesin yang tidak akan pernah bisa bergerak atau dioperasikan tanpa adanya campur tangan atau program yang diperintahkan oleh manusia. Oleh sebab itu hal ini menyebabkan berlakunya teori simbiosis mutualisme yang terjadi antara robot dan manusia. Sehingga terjalin pula sebuah hal yang menguntungkan dan melengkapi sebuah ekosistem baru dalam kehidupan manusia di bumi.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

KabarTugas-KabarTugas-KabarTugas-KabarTugas-KabarTugas-KabarTugas-KabarTugas JIKA HALAMAN DAN ARTIKEL INI BERMANFAAT CERITAKAN PADA KAWAN KAWAN ANDA